Stop SARA part 1

ga sengaja lagi liat liat instagram terus nemu beberapa postingan di explore nya.
banyak banget yang posting tentang membedakan suatu SARA kelompok lain dengan yang lainnya atau bahkan agama lain dengan yang lainnya.
miris sebenernya liat semuanya sekarang ini.
setiap individu bahkan kelompok sama sama mempunyai egois yang tinggi dan berfikir kalau merekalah yang benar dan kelompok atau agama lain itu salah.

disini gua mau bahas tentang perbedaan pendapat tentang memeluk agama.
(maaf sebelumnya kalau gua salah ya dan mohon dikoreksi dengan tidak mencela)
gua ga tau sih sebenernya apa yang diajarkan dari masing-masing agama, tapi yang gua yakin dan gua tau sih mau agama manapun itu pasti semuanya mengajarkan KEBAIKAN dengan cara pandang dari masing-masing agama itu sendiri.
gua yakin ga ada agama yang mengajarkan pada umatnya tentang keburukan atau kejahatan. Tujuan dari setiap agama pasti ingin membawa atau mengarahkan umatnya untuk lebih baik dan agar bisa menuju ke SURGA.

contoh kecil yang gua telaah beberapa saat ini, mungkin pertama soal pakaian
dalam ISLAM wajib hukumnya orang muslim dan muslimah menutup AURATnya sesuai dengan syariat yang sudah ditentukan.
menurut yang gua baca dari klik disini  dalam KRISTEN atau KATHOLIK juga mengajarkan untuk memakai pakaian yang sopan. Dan yang gua lihat dari cara berpakaian PASTUR, PENDETA, BIARAWATIdan yang lainnya, meereka pun menggunakaina pakaian yang sopan (tidak mengumbar auratnya).
menurut yang gua telaah dari klik disini dalam HINDU pun sama, tata cara berpakaian harus sopan tidak mengumbar aurat dan lain-lain . Dan yang gua liat kalau gua ke Bali, ya memang benar ketika mereka Sembahyang pakaian yang mereka gunakan itu sopan. Contoh nyatanya, ketika gua ke Bali dan berkunjung ke pura, ketika kita memakai pakaian diatas lutut kita wajib menyewa kain untuk menutupi lutut kita.
menurut yang gua lihat dari para BIKSU cara berpakaiannya BUDHA, tata cara berpakaian mereka pun juga sangat sopan, mereka menggunakan pakaiannya pun tidak memperlihatkan lekuk tubuhnya. (tonton aja film Shaolin Popeye). PS: untuk yang budha gua belum dapet referensi artikel yang bahas tentang ini, jadi gua menilai dengan apa yang gua lihat.

pada intinya dari semua agama pun sama sama mengajarkan kita untuk kebaikan, untuk lebih menghargai nilai dari badan kita sendiri dan mencoba untuk melindungi kita dengan aturannya.
itu yang gua bahas baru tentang pakaian loh.

untuk saat ini gua baru membahas ini aja, tapi lain kali gua akan bahas lagi yang lainnya.

oh iya kalau mungkin gua ada salah dalam mengemukakan pendapat mohon dikoreksi ya tapi tidak mencela lohhh.

pokonya selalu ingat aja, mau agama apapun itu pasti baik untuk UMAT nya.




Yutiaza HS
 

Comments

Popular posts from this blog

my experience trip in BANDUNG CITY

what is the reason i have to tell?

musim apa yang kamu suka?